Kapolres Parepare Dukung Millenial Road Safety Festival

No Comment Yet

tribratanewspolresparepare.com – Satuan Lalulintas (Sat lantas) Polres Parepare bekerjasama dengan Komunitas serta masyarakat menggelar program Millenial Road Safety Festival (MRSF) pada tanggal 10 Februari mendatang di lapangan Andi Makkasau Kota Parepare.

MRSF sendiri adalah suatu program dimana generasi muda milenial ini bisa memahami pentingnya keselamatan dalam berkendara sehingga diharapkan, angka korban akibat kecelakaan bisa ditekan. Utamanya korban dari generasi muda yang disebut sebagai milenial itu.
Rencananya MRSF akan digelar di 34 provinsi mulai tanggal 2 Pebruari sampai 31 Maret 2019.

Kapolres Parepare Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP ) Pria Budi,S.iK,.M.H menjelaskan, MRSF merupakan gerakan nasional yang bertujuan untuk membuka wawasan masyarakat khususnya generasi muda tentang keselatamatan berkendara sehingga akan mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan usia pelajar dimana di usia yang disebut generasi milenial ini menduduki peringkat tertinggi sebagai korban maupun pelaku kecelakaan lalu lintas.

“ Berdasarkan data, angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) didominasi usia 10-15 tahun. Di tahun 2018 tercatat secara nasional tertinggi adalah di usai 15-19 tahun ada 17.910 kasus. Kondisi ini tentunya harus menjadi perhatian semua pihak,” Ujar Pria Budi Jumat (01/02/2019)

”Program bisa efektif dan mampu menjadi “triger’” dari pelopor keselamatan dalam berkendara sehingga kedepan banyak generasi muda yang terselamatkan,” Harapnya.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Parepare AKP Budi Susilo,S.Sos Mengatakan Kegiatan MRSF di Halaman Sat Lantas Polres Parepare ini diawali dengan pemasangan stiker pada kendaraan dinas dilingkup Polres Parepare. Stiker tersebut dipasang pada kaca belakang kendaraan patroli dan pengawalan baik Kendaraan BM, Satlantas maupun Polsek jajaran.Tak hanya itu, dalam kesempatan, tersebut personil lalulintans juga mensosialisasikan program MRSF khususnya terhadap para pelajar sekolah.

“Kenapa sasaran sosialisasi lebih banyak kepada para pelajar? dikarenakan para pelajar termasuk generasi milenial,” Ujar Budi Susilo

Selain itu Lanjut dia, secara garis besar rangkaian kegiatan MRSF adalah meliputi Road Safety Management(Manajemen Keselamatan Berlalu Lintas), Safer Road (Jalan yang Berkeselamatan), Safer Vehicle (KBM yang berkeselamatan), Safer Road Users (Pengguna Jalan yang berkeselamatan) dan Post Crash (Penanganan Paska laka lantas). Dengan target, terbentuk dua ribu relawan yang dapat menjadi mitra Polisi lalu lintas sekaligus menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas.

“Misi MSRF adalah terbangunnya budaya tertib lalu lintas khususnya di kalangan generasi milenial, terwujudnya program keselamatan secara terprogram dan berkesinambungan, adanya peningkatan kualitas keselamatan di jalan dan menurunkan tingkat fatalitas korban laka, terbentuknya relawan lalu lintas milenial indonesia serta mempererat hubungan kedekatan antara polisi lalu lintas dengan generasi millennial,” Katanya

Generasi milenial merupakan generasi masa depan Indonesia. Kalau bukan kita yang peduli, siapa lagi ? dimulai dari lingkungan terdekat keluarga untuk selalu mentaati peraturan lalu lintas. “Stop Pelanggaran, Stop Kecelakan, Keselamatan Untuk kemanusiaan .” Bungkusnya

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *